Pilihan Allah

Hanya Allah semata yang mempunyai hak mencipta dan menentukan pilihan, sebagaimana firman-Nya,

Dan, Rabbmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Mahasuci Allah dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan.” (Al-Qashash: 68).

Sebagaimana Allah semata yang berhak mencipta, maka Dia pula yang berhak memilih, karena Dia lebih mengetahui tentang apa yang dipilih-Nya.

“Allah lebih mengetahui dimana Dia menempatkan tugas kerasulan.” (Al-An’am: 124).

Dan, mereka berkata, ‘Mengapa Al-Qur’an ini tidak diturunkan kepada seorang besar dari salah satu dua negeri (Makkah dan Thaif) ini? ‘Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Rabbmu? Kami telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat.” (Az-Zukhruf: 31 -32).

Allah mengingkari pilihan mereka dan mengabarkan bahwa pilihan untuk menurunkan Al-Quran itu kembali kepada Dzat yang membagi-bagikan kehidupan di antara mereka dan yang meninggikan derajat sebagian di atas sebagian yang lain.

Firman Allah, “Mahasuci Allah dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan“, bahwa Allah membebaskan Diri-Nya dari hal-hal yang mereka persekutukan, berupa usulan dan pilihan mereka. Syirik mereka tidak bisa menjamin untuk menetapkan khaliq selain Allah. Karena itu Allah membebaskan Diri-Nya dari syirik mereka.

Sebagaimana Allah yang menciptakan mereka, maka Dia pula yang menentukan pilihan bagi mereka. Pilihan ini kembaii kepada hikmah Allah dan pengetahuan-Nya tentang siapa yang layak mendapatkan pilihan itu, bukan karena terpengaruh oleh usulan dan pilihan mereka. Pilihan yang bersifat umum ini merupakan bukti paling besar tentang Rububiyah Allah dan merupakan saksi paling besar tentang Wahdaniyah-Nya, sifat kesempurnaan-Nya dan kebenaran Rasul-Nya. Di antara contohnya adalah pilihan Allah yang jatuh kepada para malaikat pilihan, sebagaimana yang disabdakan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam,

Ya Allah, Rabb Jibril, Mika’il dan Israfil, yang menciptakan langit dan bumi, yang mengetahui yang gaib dan nyata, Engkau menetapkan keputusan di antara hamba-hamba-Mu tentang apa yang mereka perselisihkan. Berilah aku petunjuk tentang kebenaran yang diperselisihkan di dalamnya dengan seizin-Mu, sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki ke jalanyang lurus.”  (Diriwayatkan Muslim).

Begitu pula pilihan Allah yang jatuh kepada para nabi dari anak keturunan Adam, pilihan-Nya yang jatuh kepada para rasul di antara mereka, pilihan-Nya yang jatuh kepada Ulul-Azmi di antara mereka, yaitu lima rasul seperti yang disebutkan dalam surat Al-Ahzab dan Asy-Syura. Begitu pilihan Allah yang jatuh kepada Al-Khalilani (dua kekasih), Ibrahim dan Muhammad. Kemudian Allah memilih anak keturunan Isma’il dari Bani Adam, memilih Bani Kinanah dari Bani Adam, lalu memilih Quraisy dari Bani Kinanah, memilih Bani Hasyim dari Quraisy, lalu memilih Muhammad dari Bani Hasyim sebagai pemimpin bagi seluruh umat manusia.

Dalam Al-Musnad disebutkan dari Mu’awiyah bin Haidah secara marfu’, “Kamu sekalian sama dengan tujuh puluh umat. Tapi kalian yang paling baik dan paling mulia bagi Allah di antara mereka.”

Di dalam Musnad Al-Bazzar disebutkan dari hadits Abud-Darda’ secara marfu’, “Sesungguhnya Allah befirman kepada Isa bin Maryam, ‘Aku telah mengutus suatu umat sesudahmu. jika mereka mendapat apa yang mereka sukai, maka mereka memuji dan bersyukur. dan jika mereka ditimpa apa yang tidak mereka sukai, maka mereka memurnikan hati (karena Allah) dan bersabar. Padahal sebelumnya mereka tidak memiliki kesabaran dan ilmu’. Isa berkata, ‘Wahai Rabbi, bagaimana ini terjadi, padahal dahulunya mereka tidak memiliki kesabaran dan ilmu?” Allah menjawab, ‘Aku memberikan kepada mereka dari kesabaran dan ilmu-Ku’.”

Sumber: Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Penerjemah: Kathur Suhardi. 2000. Mukhtashar Zadul-Ma’ad (Edisi Indonesia: Zaadul-Ma’ad Bekal Perjalanan Ke Akhirat). Jakarta: Pustaka Azzam. Halaman 3-4.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s